Pengaruh Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Masalah Matematika Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Denpasar
Main Authors: | ., NI KOMANG WIRASTI, ., PROF. DR. I NENGAH SUPARTA, M.Si., ., PROF.DR. SARIYASA, M.Sc.,P.hD |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/2158 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah berorientasi masalah matematika terbuka dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah; (2) menganalisis pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Denpasar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas dengan kemampuan yang homogen. Berdasarkan hasil random, diperoleh X IPA 1, X IPA 2, dan X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3, X IPA 4, dan X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Hasilnya dianalis menggunakan analisis varian dua jalur (anava dua arah). Hasil analisis data penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah berorientasi masalah matematika terbuka dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah; (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kata Kunci : Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Masalah Matematika Terbuka, Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah. The study was conducted in order to analyze: (1) the different problem solving skills between the students joining problem solving learning with math problem open of Model and another group joining Problem Solving Learning; (2) the contribution of interaction between instructional model and logical mathematical intelligences towards problem solving skills. The study involved the students of class X SMAN 2 Denpasar in 2015/2016 spread out into ten different classes with homogeneous ability as the population. Based on random sampling the classes X IPA 1, X IPA 2, and X IPA 5 were determine as experimental groups, while classes X IPA 3, X IPA 4, dan X IPA 6 as control groups. The technique analysis Two Way Analysis of Varians. The result of data analysis this research that (1) there was a significant the instructional model problem solving with math problem open and another group joining problem solving instructional model; (2) there was a significant contribution of interaction between instructional model and logical mathematical intelligences towards problem solving skills. keyword : Problem Solving Learning with Math Problem Open of Model, logical mathematical intelligences, problem solving skills.