PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI LANGKAH TEORI POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI SIDOREJO LOR 05 SALATIGA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Authors: | Finisia, Adinda Risqi, ,, Suroso, ,, Yustinus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Semarang
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/3371 https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/3371/3225 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SDN Sidorejo Lor 05 Salatiga melalui penerapan model Problem Based Learning terintegrasi langkah teori polya. JenisPenelitianTindakanKelas (PTK) berlangsungdalam 2 siklus.Subyekpenelitian adalah siswa kelas 5 sejumlah 39 siswa.Data dikumpulkan menggunakantes. Analisis data deskriptifkuantitatifdankualitatif. Indikator keberhasilan penelitian jika ketuntasan siswa mencapai 80%.Kondisiawalpresentaseketuntasan30,8% meningkat menjadi 69,2% pada siklus I dan 87,2% pada siklus II. Dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat dengan penerapan model Prolem based learning terintegtasi langkah teori polya.Kata Kunci : Problem Based Learning, Teori Polya, Dan Hasil Belajar Matematika