EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS
Main Author: | Amalia, Sofri Rizka |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Semarang
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/3352 https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/3352/3191 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran discovery Learning bermuatan etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Keefektifan dapat dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan berpikir kreatif, perbandingan kemampuan berpikir kreatif kelas dengan model discovery bermuatan etnomatematika dengan kelas yang menggunakan model ekspositori dan pengaruh keterampilan proses dengan model pembelajaran discovery learning bermuatan etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa melampaui 65 dengan proporsi mahasiswa yang tuntas 89,4%. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa kelas dengan model discovery learning adalah 78,84 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa kelas dengan model ekspositori yaitu 71,79. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses mahasiswa dengan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa sebasar 88,3%.Kata Kunci : Model Discovery Learnin, Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kreatif