Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segitiga Kelas VII

Main Authors: Nahar, Arifatun, Sulistyaningsih, Dwi, Purnomo, Eko Andy
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Matematika , 2016
Online Access: http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/2170
http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/2170/2187
Daftar Isi:
  • Peserta didik yang mengalami kesulitan untuk memahami materi segitiga jika diberi soal yang berbentuk kontekstual, peserta didik belum bisa menerapkan konsep ke dalam dunia nyata. Selain itu minat dan keaktifan peserta didik dalampembelajaran rendah. Kurangnya keaktifan mengakibatkan kemampuan komunikasi matematis juga rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara menerapkan model pembelajaran Course Review Horay dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui keefektifan model pembelajaran Course Review Horay dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis materi segitiga kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII di SMP Yasiha Gubug tahun ajaran 2015/2016.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen, kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas uji coba. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dengan pendekatan kontekstual mencapai ketuntasan klasikal 90%. Pengaruh minat dan keaktifan terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 91,6%. Terdapatperbedaan kemampuan komunikasi matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian bahwamodel pembelajaran Course Review Horay dengan pendekatan kontekstual materi segitiga kelas VII dapat dikatakan efektif.Kata Kunci: Course Review Horay, pendekatan kontekstual, komunikasi matematis.