EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII
Main Authors: | Hidayah, Aimmatul, Mawarsari, Venissa Dian, Prihaswati, Martyana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/2169 http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/2169/2186 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Quick on the Draw dengan pendekatan Open Endedterhadap kemampuan berfikir kreatif matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A (eksperimen)dan kelas VIII B (kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik yang menggunakan model Quick on the Draw dengan pendekatan Open Ended mencapai ketuntasan sebesar 89,473% lebih dari 81% dengan kriteria ketuntasan 75, (2) hasil uji pengaruh keaktifan dan motivasi terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis memiliki besar pengaruh 27,9%; (3) hasil uji beda menunjukan nilai rata-rata kemampuan berfikir kreatif matematis kelas eksperimen 78,62 lebih baik dari kelas kontrol sebesar 76,65. Berdasarkan ketiga hal tersebut menunjukkan model pembelajaran Quick on the Draw dengan pendekatan Open Endedterhadap kemampuan berfikir kreatif matematis pada materi bangun ruang kelas VIII efektif.Kata Kunci: Quick on the Draw, Open Ended, berfikir kreatif matematis.