Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Preview Question Read Reflect Recite Review dengan Pendekatan Problem Solving terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Geometri Kelas X
Main Authors: | Yulianti, Wulan, Sulistyaningsih, Dwi, Mawarsari, Venissa Dian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/2168 http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/2168/2185 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R)dengan pendekatan problem solving terhadap kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh peserta didik kelas X pada MAN 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Cluster Sampling. Sampel terdiri dari kelas X IPA6sebagai kelas uji coba, kelas X AGAMA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AGAMA 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes.Hasil penelitian menunjukan bahwa 35 dari 40 peserta didik mencapai ketuntasan secara individu dan ketuntasan secara klasikal sebesar 87,5% dengan kriteria ketuntasan minimum(KKM)77. Hasil uji pengaruh menunjukan adanya pengaruh keaktifan dan motivasi peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 95,4%. Hasil uji beda menunjukkan nilai rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep pada kelas eksperimen sebesar 83,09 lebih baik dari rata-rata di kelas kontrol sebesar 70,39. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PQ4R dengan pendekatan problem solving terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi geometri di kelas X efektif.Kata Kunci:PQ4R, pemahaman konsep,problem solving.