INSTRUMEN NONTES KETERAMPILAN BERBICARA BERBASIS NILAI BUDAYA JAWA DI KELAS AWAL SEKOLAH DASAR

Main Author: Supartinah, Supartinah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNY , 2015
Online Access: http://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/2927
http://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/2927/2447
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian pengembangan instrumen nontes yang dapat menjadi pedoman penilaian keterampilan berbicara berbasis nilai budaya Jawa di kelas awal sekolah dasar. Metode penelitian yang telah digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Adapun target yang telah dicapai pada penelitian adalah instrumen nontes yang dapat menjadi pedoman penilaian keterampilan berbicara berbasis nilai-nilai budaya Jawa di kelas awal sekolah dasar. Instrumen yang telah dikembangkan telah memenuhi skor 4,28, yaitu kategori sangat baik dari ahli materi dan memenuhi skor 3,86, yaitu kategori baik dari ahli penilaian. Kata Kunci: instrumen nontes, keterampilan berbicara, sekolah dasar