INSTRUMEN NONTES KETERAMPILAN BERBICARA BERBASIS NILAI BUDAYA JAWA DI KELAS AWAL SEKOLAH DASAR
Main Author: | Supartinah, Supartinah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNY
, 2015
|
Online Access: |
http://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/2927 http://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/2927/2447 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian pengembangan instrumen nontes yang dapat menjadi pedoman penilaian keterampilan berbicara berbasis nilai budaya Jawa di kelas awal sekolah dasar. Metode penelitian yang telah digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Adapun target yang telah dicapai pada penelitian adalah instrumen nontes yang dapat menjadi pedoman penilaian keterampilan berbicara berbasis nilai-nilai budaya Jawa di kelas awal sekolah dasar. Instrumen yang telah dikembangkan telah memenuhi skor 4,28, yaitu kategori sangat baik dari ahli materi dan memenuhi skor 3,86, yaitu kategori baik dari ahli penilaian. Kata Kunci: instrumen nontes, keterampilan berbicara, sekolah dasar