EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ELEKTROLIT-NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENJAWAB PERTANYAAN KLARIFIKASI
Main Authors: | Marchintha, Fitry Trysya, Rosilawati, Ila, Sunyono, Sunyono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Lampung
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/9188 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/9188/5838 |
Daftar Isi:
- The research aimed to describe the effectiveness of scientific approach to improve the skill of answer the clarification question on electrolyte and non-electrolyte topic. Sample was taken by purposive sampling technique from all of student of the 10th grade SMA Negeri 5 Bandar lampung for 2014/2015 academic year and it was obtained the 1st and 2nd of the 10th grade. The method of the research was quasi experiment with non equivalent pretest-posttest control group design. The effectiveness of scientific approach was showed by the significant differences of the n-Gain in the control and experiment of class. The results showed that the average n-Gain of the skill of answer the clarification question in control class was 0.54 and experiment class was 0.62. Thus scientific approach on electrolyte and non-electrolyte topic was effective to improve the skill of answer the clarification question.Penelitian bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi elektrolit dan non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015 dan diperoleh kelas X1 dan X2. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-posttest group design. Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi pada kelas kontrol 0.54 dan eksperimen 0.62. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi elektrolit dan non-elektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi.Kata kunci: elektrolit dan non-elektrolit, keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi, pendekatan saintifik