EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

Main Authors: Marfu'ah, Siti, Rudibyani, Ratu Betta, Sofya, Emmawaty
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Lampung , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/8873
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/8873/5562
Daftar Isi:
  • This research aimed to describe the effectiveness of problem solving learning model to increase inference skills in electrolyte and nonelectrolyte solutions topic. Analysis of the effectiveness was done through hypothesis testing by Independent Sample t-Test to looking for differences of the n-Gain of control and experiment class. The results showed that the average value of posttest of control and experiment class were 69.925 and 83.575, respectively, and the average n-Gain of inference skills of control class and experiment class were 0.471 and 0.712, respectively. So, it was said that problem solving learning model is effective to increase inference skills in electrolyte and nonelectrolyte solutions topic. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Analisis efektivitas dilakukan melalui uji hipotesis dengan Independent Sample t-Test untuk melihat perbedaan n-Gain antara kelas kontol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 69,925 dan 83,575 dan rata-rata n-Gain kemampuan menyimpulkan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,471 dan 0,712. Jadi, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran problem solvingefektif untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.Kata kunci : elektrolit dan non-elektrolit, kemampuan menyimpulkan, problem solving