PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA PRAKTIKUM PADA MATERI ASAM BASA
Main Authors: | Saputra, M Weddy, Rosilawati, Ila, Efkar, Tasviri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Lampung
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/8554 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/8554/5294 |
Daftar Isi:
- This research and development purposed to develop the practice-performance assessment instruments on acid-base and describe teachers response about it. The step in this study began from need analysis. Next, it was planning and developing preliminary product of the practice-performance assessment instruments. Then, preliminary field testing of the practice-performance assessment instruments was done. Analysis of the data used descriptive statistics. The results showed that suitability of content aspects, construction aspects, and readability aspects of the practice-performance assessment instruments are 82,76%, 82%, and 83%, respectively. It was concluded that the product has good criteria.Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kinerja praktikum pada materi asam basa dan mendeskripsikan tanggapan guru terhadap instrumen asesmen kinerja praktikum yang dikembangkan. Tahap pelaksanaan penelitian ini dimulai dari penelitian dan pengumpulan informasi. Langkah selanjutnya adalah perencanaan dan pengembangan produk awal instrumen asesmen kinerja praktikum yang dikembangkan. Lalu, melakukan uji coba terbatas terhadap instrumen asesmen kinerja praktikum yang dikembangkan. Analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi, dan aspek keterbacaan terhadap instrumen asesmen kinerja praktikum yang dikembangkan masing-masing adalah 82,76%, 82%, dan 83%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik.Kata kunci: asam basa, asesmen kinerja, pengembangan instrumen