EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR
Main Authors: | Sugandi, Ali, Rudibyani, Ratu Betta, Efkar, Tasviri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/7466 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/7466/4376 |
Daftar Isi:
- The aim of this research was to describe the effectivity of problem solving learning to increase students’ fluency thinking ability on the reaction rate of chemistry subject. This research used Non Equivalent Control Group Design. The sample was choosen using purposive sampling. Population of the research was tenth grade student’s of SMA Negeri 1 Gedongtataan at first semester in the 2014/2015 year, and the sample were, XI science 3 and XI science 4. The effectivity of problem solving learning was analyzed based on the differences of significant n-Gain between experiment and control classes. The results showed that the average n-Gain score in experimental and control were 0,63 and 0,39. Based on hyphothesis test, it can be concluded that problem solving learning is effective to increase students’ fluency thinking ability through rate of reaction.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir lancar pada materi laju reaksi. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gedongtataan semester ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015 dan sampel penelitian adalah kelas XI IPA3 dan X IPA4. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan siswa dalam berpikir lancar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,63 dan 0,39. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir lancar pada materi laju reaksi .Kata kunci: kemampuan berpikir lancar, model problem solving, laju reaksi