ANALISIS KEMAMPUAN MENYIMPULKAN PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DENGAN INKUIRI TERBIMBING

Main Authors: Ermalinda, Yosi, Rudibyani, Ratu Betta, Sofya, Emmawaty
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/7406
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/7406/4255
Daftar Isi:
  • This research aimed to describe the students conclusions skills on the fundamental laws of chemistry matter by using guided inquiry models for high, intermediate and low groups of student. The subjects were students of class X7 SMA Negeri 13 Bandar Lampung. This research used the pre-experimental method, a one-shot case study design, and descriptive research. The results showed that the skill of draw conclusions in high level group 42.86% were excellent, 42.86% were good, and 14.28% enough. In the intermediate level group 12.5% were excellent, 68.75% were good, and 18.75% were enough. In the low level group 11.11% were excellent, 33.33% were good, and 55.56% were enough.Penelitian ini bertujuan untuk men­deskripsikan kemampuan menyimpulkan siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia melalui penerapan model Inkuiri Terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X7 SMA Negeri 13 Bandar Lampung yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini mengunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one-shot case study. Dengan analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menun­juk­kan bahwa keterampilan proses sains dalam hal ini kemampuan menyimpulkan pada kelompok tinggi 42,86% berkriteria sangat baik, 42,86% berkriteria baik, dan 14,28% berkri­teria cukup. Pada ke­lom­pok sedang 12,5% berkriteria sangat baik, 68,75% berkri­teria baik, dan 18,75% berkriteria cukup. Pada kelompok rendah 11,11% berkriteria sangat baik, 33,33% berkri­teria baik dan 55,56% lainnya berkri­teria cukup.Kata kunci : hukum-hukum dasar kimia, inkuiri terbimbing, kemampuan menyimpulkan.