INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR

Main Authors: Maulidayanti, Debie, Rosilawati, Ila, Tania, lisa
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/5763
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/5763/3565
Daftar Isi:
  • This research was aimed to describe the effectiveness of guide inquiry learning model in increasing studentâ€TMs fluency thinking skills in electrolyte-nonelectrolyte subject matter. The population of this research was students of class X SMA Negeri 2 Metro on academic semester 2013/2014. Sample was taken by purposive sampling and obtained class X1 and X2as sample. The method of the research was quasi experimental with non equivalent pretest-postest control group design. The effectiveness of guide inquiry learning model was showed by the significant difference of n-Gain between control class and experiment class. The results showed that the average n-Gain of fluency thinking skills of control class and experiment class were 0,36 and 0,54 respectively. The result of hypothesis testing showed that guide inquiry learning model was effective n improving studentâ€TMs fluency thinking skills in electrolyte-nonelectrolyte subject matter.                                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar pada materi larutan elektrolit-nonelektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-postest group design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,36 dan 0,54. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit-nonelektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar. Kata kunci : keterampilan berpikir lancar, larutan elektrolit-nonelektrolit, model pembelajaran inkuiri terbimbing