INKUIRI TERBIMBING PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL
Main Authors: | Wulandari, Oktia, Rosilawati, Ila, Tania, lisa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/5762 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/5762/3564 |
Daftar Isi:
- This research was aimed to describe the effectiveness of guided inquiry learning model in increasing studentâ€TMs originality thinking skills in electrolyte and non-electrolyte subject matter. The population of this research was students of class X SMA Negeri 2 Metro on academic semester 2013/2014. Sample was taken by purposive sampling and obtained were class X1 and X2as sample. The method of the research was quasi experimental with non equivalent (pretest and postest) control-group design. The effectiveness of guided inquiry learning model was showed by the significant difference of n-Gain between control class and experiment class. The results showed that the average n-Gain of originality thinking skills of control class and experiment class were 0,18 and 0,54 respectively. The result of hypothesis testing showed that guided inquiry learning model was effective in improving studentâ€TMs originality thinking skills in electrolyte and non-electrolyte subject matter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Postest)Control-Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir orisinil pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,18 dan 0,54. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil. Kata kunci : keterampilan berpikir orisinil, larutan elektrolit dan non-elektrolit, model pembelajaran inkuiri terbimbing