PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ELABORASI

Main Authors: Utami, Gamilia Nuri, Fadiawati, Noor, Rudibyani, Ratu Betta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/5761
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/5761/3563
Daftar Isi:
  • The research is aimed at describing the effectiveness of scientific approach in improving elaboration skill within the lesson on electrolyte and nonelectrolyte solutions. The quasi-experiment method was applied, using Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Grup Design. The population in the research comprised the entire students of Grade X of SMAN 5 Bandar Lampung, during the even semester of 2013-2014 academic year, with Classes X2 and X3 specifically taken as the sample by means of purposive sampling. The effectiveness of scientific approach in learning is made clear by the significant difference in n-Gain values between the experimental class and control class. The average n-Gain values of the studentsâ€TM elaboration skill are 0,47 for the control class and 0,65 for the experimental class. Finally, hypothesis testing confirms that scientific approach is effective for improving studentsâ€TM elaboration skill within the lesson on electrolyte and nonelectrolyte solutions. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah dalam meningkatkan keterampilan elaborasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 5 Bandar Lampung semester genap Tahun Pelajaran 2013-2014 dengan kelas X2 dan X3 sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Efektivitas pendekatan ilmiah pada pembelajaran ditunjukkan berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan siswa dalam mengelaborasi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing sebesar 0,47 dan 0,65. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam mengelaborasi pada pembelajaran larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci: keterampilan elaborasi, larutan elektrolit dan nonelektrolit, pendekatan ilmiah