PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PEKA SISWA PADA REAKSI REDOKS
Main Authors: | Putriani, Aldes Penkin, Rudibyani, Ratu Betta, Efkar, Tasviri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/4616 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/4616/2851 |
Daftar Isi:
- The aim of this research was to describe the effectiveness of problem solÂving learning to increase studentsâ€TM problem sensitivity thinking ability through redox reactions maÂterial. This research used Non Equivalent Control Group Design. The sample was chosen by using purposive sampling technique. Population of the research was tenth grade studentâ€TMs of SMA Negeri 2 Metro at second semester in the 2013/2014 year, the sample were, X science 2 and X science 4. The effectiveness of problem solving learning analyzed based on the differences of significant n-Gain between experiment and control classes.  The results showed that the average n-Gain score in experimental and control were 0,58 and 0,34. Based on hyphothesis testing, it can be concluded that problem solving learning is effective to increase studentsâ€TMproblem sensitivity thinking ability through redox reactions material. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir peka pada reaksi redoks. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Metro semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014 dan sampel penelitian adalah kelas X IPA2 dan X IPA4. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan siswa dalam berpikir peka pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,58 dan 0,34. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir pekapada materi reaksi redoks. Kata kunci: kemampuan berpikir peka,model problem solving, reaksi redoks