PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ELABORASI

Main Authors: Wati, Diah Anisa, Fadiawati, Noor, Tania, Lisa
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/4600
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/4600/2837
Daftar Isi:
  • This research was aimed to describe the effectiveness of discovery learning model to increase studentâ€TMs elaboration skills on chemical equilibrium subject matters. The population of this research was students in XI science grade of SMA Muhammadiyah 1 Metro odd semester academic year 2013-2014. The samples were taken by purposive sampling technique and these were XI 1 and XI 2 of science grade. The method of the research was quasi-experimental with Non Equivalent Control Group Desaign. The effectiveness of discovery learning model was showed by the significant difference of n-gain between control and experiment class. The result showed that the average n-gain of studentâ€TMs elaboration skills of control was 0,271 and 0,512 for experiment class. The result of hypothesis testing showed that discovery learning model was effective to increase studentâ€TMs elaboration skills on chemical equilibrium subject matters. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan elaborasi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Metro semester ganjil Tahun Pelajaran 2013-2014. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA2. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Desaign.  Efektivitas model discovery learning ditunjukkan oleh perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasi penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan elaborasi siswa pada kelas kontrol sebesar 0,271 dan kelas eksperimen 0,512. Hasi pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan elaborasi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: kesetimbangan kimia, keterampilan elaborasi, model discovery learning