PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR SISWA PADA REAKSI REDOKS
Main Authors: | Franstya, Yudha, Rudibyani, Ratu Betta, Efkar, Tasviri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/4556 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/4556/2810 |
Daftar Isi:
- The aim of this research was to describe the effectiveness of problem solving learning to increase studentsâ€TM fluency thinking ability through redox reactions material.  This research used Non Equivalent Control Group Design. The sampling technique was using purposive sampling. Population of the research was tenth grade studentâ€TMs of SMA Negeri 3 Bandar Lampung at second semester in the 2013/ 2014 year, the sample were, X science 1 and X science 2. The effectiveness of problem solving learning analyzed based on the differences of significant n-Gain between experiment and control classes.  The results showed that the average n-Gain score in experimental and control were 0,70 and 0,45. Based on hyphothesis testing, it can be concluded that problem solving learning is effective to increase studentsâ€TM fluency thinking ability through redox reactions material. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen Non Equivalent Control Group Design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel penelitian adalah kelas X IPA1 dan kelas X IPA2. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain kemampuan berpikir lancar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,70 dan 0,45. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi reaksi redoks. Kata kunci: kemampuan berpikir lancar, pembelajaran problem solving, reaksi redoks