PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ORISINIL SISWA PADA REAKSI REDOKS

Main Authors: Putri, Agita Viola, Rudibyani, Ratu Betta, Efkar, Tasviri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/4545
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/4545/2802
Daftar Isi:
  •  The aim of this research was to describe the effectiveness of problem solving learning to increase studentsâ€TM originality thinking ability through redox reactions material. The method of this research was quasi-experimental with Non Equivalent Control Group Design. The sample was choosen using purposive sampling. Population of the research was tenth grade studentâ€TMs of SMA Negeri 2 Metro at second semester in the 2013/2014 year, the sample were, X science 3 and X science 4. The effectiveness of problem solving learning analyzed based on the differences of significant n-Gain between experiment and control classes. The results showed that the average n-Gain score in experimental and control were 0,69 and 0,35. Based on hyphothesis testing, it was known that problem solving learning is effective to increase studentsâ€TM originality thinking ability through redox reactions material. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir orisinil pada materi reaksi redoks. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Metro semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014, dan sebagai sampel penelitian adalah kelas X IPA3dan X IPA4. Efektivitas pembelajaran problem solvingdiukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,69 dan 0,35. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa pembelajaran problem solvingefektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir orisinil pada materi reaksi redoks. Kata kunci:kemampuan berpikir orisinil, pembelajaran problem solving, reaksi redoks