PENGEMBANGAN BUKU AJAR REAKSI REDOKS BERBASIS REPRESENTASI KIMIA
Main Authors: | Dawati, Fetra May, Fadiawati, Noor, Tania, Lisa |
---|---|
Format: | Article info application/msword eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/3425 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/3425/2099 |
Daftar Isi:
- This researchaimedtodevelop a textbook based representation of chemical redox reactions, and describe the characteristics, the responses of teachers and students responses to the products developed, and know the obstacles encountered when developing the textbook.  The research methodused was theResearchandDevelopment.  Based on the teachers response to a product developed data showed thatcompliancewith thechemicalcontent ofthe textbookcurriculumwas veryhigh at93,75%,the aspect graph/the attractivenesswas veryhighat 92%, and student responses regarding reading level textbooks developed redox reaction very high at 80,58%.Based on the test results it can be concluded that the redox reaction of textbook based representation chemistry was good enough. It can be seen from the good responses of textbook from teachers and students well. Penelitian ini berÂtujuan untuk mengemÂbangkan buku ajar reÂaksi redoks berbasis representasi kimia, serta mendeskripsikan karakteristik, tangÂÂgapan guru dan respon siswa terhadap produk yang dikembangkan, dan meÂngeÂtahui kendala-kendala yang ditemui ketika mengemÂbangkan buku ajar tersebut. Metode peneÂlitian yang digunakan adalah metoÂde Penelitian dan Pengembangan. BerdaÂsarkan tanggapan guru terhadap produk yang dikembaÂngkan diperoleh data bahwa kesesuaian isi buku ajar dengan kurikulum sangat tingÂgi 93,75%, dan asÂpek grafika/kemenarikan buku ajar sangat tinggi 92,00% dan tanggapan siswa meÂngenai tingkat keterbacaan buku ajar reaksi redoks yang dikembangkan ini saÂngat tinggi80,58%.Berdasarkan hasil uji coba maka dapat disimpulkan bahwa buku ajar reaksi redoks berbasis representasi kimia yang dikembangkan sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan guru dan siswa yang merespon sangat baik pada buku ajar yang dikembangkan.Kata kunci: buku ajar, reaksi redoks, representasi kimia