PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR FLEKSIBEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
Main Authors: | Susanti, Nina, Fadiawati, Noor, Tania, Lisa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/3292 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/3292/2041 |
Daftar Isi:
- This research aimed to describe the effectiveness of guided inquiry learning to improve the flexibility thinking skill on colloidal matery.  The population in this study were all students of class XI IPA SMAN 7 Bandar Lampung even semester 2012-2013 school year and class XI IPA2 and IPA3 as samples. This research used purposive sampling method with quasi-experimental non equivalent control group design. Effectiveness of guided inquiry learning model was measured by the n-Gain significant difference.  The results showed then-Gainaverage of flexibility thinking skill for the experimental class and control class were 0.59 and 0.46.  Based on hypothesis test using t-test, concluded that guided inquiry learning model was effective in improving the flexibility thinking skill on colloidal matery.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir fleksibel pada materi koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri7 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2012-2013 dengan kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA3 sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir fleksibel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,59 dan 0,46. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir fleksibel pada materi koloid.Kata kunci : inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir fleksibel, koloid