PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN MEMPREDIKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Main Authors: Wahyuni, Dyah Emi, Rosilawati, Ila, Efkar, Tasviri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/2103
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/2103/1251
Daftar Isi:
  • This study aims to for the predict of characteristic model study of effective Problem Solving in improve skill to communicate and predict. This study use method of kuasi experiment with Non Equivalent ( posttest and pretest) Control Group Design. Intake of sampel done by using technique of purposive sampling. Sampel in this study is student of SMA Persada Bandar Lampung class of X2 and class of X3even semester of School Year 2012-2013 owning characteristic much the same to. Data analysis use N-Gain and of uji-t. Result of study show average value of N-Gain skill communicate for class control and each experiment 0.46 and 0.61; and average of N-Gain skill of predict for class control and each experiment 0.44 and 0.67. This matter indicate that study of Problem Solving effective in improving skill to communicate and predict.Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan karakteristik model pembelajaran Problem Solving yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan memprediksi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (pretest and posttest) Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Persada Bandar Lampung kelas X2 dan kelas X3 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang memiliki karakteristik hampir sama. Analisis data menggunakan N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-Gain keterampilan berkomunikasi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,46 dan 0,61; dan rerata N-Gain keterampilan mem-prediksi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,44 dan 0,67. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan memprediksi.Kata kunci: keterampilan berkomunikasi, keterampilan memprediksi, model pembelajaran Problem Solving.