Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Main Authors: | Ningrum, Elannia Rahma, Rosilawati, Ila, Tania, Lisa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Lampung
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/20963 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/20963/pdf |
Daftar Isi:
- This research was aimed to describe the effectiveness of the guided discovery learning model on chemical equilibrium material in improving students problem solving skills. This study used a quasi-experimental method with the matching-only pretest-posttest control group design. The population in this study was all students of class XI MIA SMA Negeri 1 Purbolinggo, East Lampung in 2019/2020 Academic Year. The sample in this study was class XI MIA 1 as experimental class and class XI MIA 5 as control class. Based on the results of the study it can be concluded that the guided discovery learning model is effective in improving students’ problem solving skills in chemical equilibrium material.Keywords: chemical equilibrium, problem solving abilities, learning models guided discoveryPenelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan the matching-only pretes-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi kesetimbangan kimia.Kata kunci: kesetimbangan kimia, kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran guided discovery