Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Termokimia

Main Authors: Nabilla, Jihan Rifka, Efkar, Tasviri, Sofya, Emmawaty
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Lampung , 2019
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/17353
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/17353/pdf
Daftar Isi:
  • This research purpose is to described experiment method effect in increasing ability to communicate and thermochemistry concept mastery. This research is using quasi experiment method with pretest-posttest non equivalent control group design. This research population is the students of high school grade XI science in Bandar Lampung. Sampling is using cluster random sampling method, gotten from XI science 1 and 2 as experiment class and control class. The effectiveness of experiment method proved by n-Gain value, and supported with effect size test. The result showing that students value after they done learning with experiment method are increasing and also appropriate with calculation showing that experiment class n-Gain value higher than student value in control class. The calculation also showing that effect size test experiment class is 0,85 including in “big” category. Based on that result, experiment method effective in increasing ability to communicate and students concept mastery on thermochemistry.Keyword: communication, experiment method, concept mastery, thermochemistryPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep termokimia. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di Bandar Lampung. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengaruh metode eksperimen dibuktikan dengan besarnya nilai n-Gain, serta didukung uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukan nilai siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan metode eksperimen meningkat, juga sesuai dengan perhitungan yang menunjukan bahwa nilai n-Gain kelas ekperimen lebih tinggi daripada nilai siswa di kelas kontrol. Hasil perhitungan menunjukan bahwa hasil uji pengaruh kelas eksperimen sebesar 0,85 yang termasuk kategori “besar”. Berdasarkan hasil tersebut, metode eksperimen berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia.Kata kunci: mengkomunikasikan, metode eksperimen, penguasaan konsep, termokimia