PENINGKATAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI TERMOKIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POE

Main Authors: Agustina, Puspita, Fadiawati, Noor, Diawati, Chansyanah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/1714
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/1714/1039
Daftar Isi:
  • The aim of this research was to describe the effectiveness of predict-observe-explain (POE) learning model in thermochemical of inferencetion skill and mastery concept. Students who became the subject of this research was grade XI IPA1 SMA Gajah Mada in Bandar Lampung Academic Year 2012/2013. This research used the preexperimental method and one group pretest-posttest design. The effectiveness of POE learning model was determined based on the average of normalization gain (n-gain). The results of this research showed that the average of n-gain of inferencetion skill and mastery concept was 0.59 and 0.67. Thus, it can be concluded that the POE learning model in thermochemical effective to enhance skill inference and concept mastery in medium category.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada materi termokimia dalam meningkatan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen dan desain One-Group pretest posttest. Efektivitas model pembelajaran POE diukur berdasarkan nilai normalisasi gain (n-gain). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain keterampilan inferensi dan penguasaan konsep masing-masing 0,59 dan 0,67. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE pada materi termokimia efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dengan kriteria sedang dan penguasaan konsep dengan kriteria sedang.Kata Kunci:  keterampilan inferensi, penguasaan konsep, pembelajaran poe.