Efektivitas Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Lancar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga
Main Authors: | Amelia, Anita, Rudibyani, Ratu Betta, Efkar, Tasviri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Lampung
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/16014 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/16014/pdf |
Daftar Isi:
- This study aims to describe the effectiveness of learning model Problem Based Learning to improve the ability to think smoothly on the material buffer solution. Population in this research is all student of SMA class XI IPA that exist Bandar Lampung on even semester of academic year 2017/2018. The sampling technique used is clauster random sampling and obtained sample class XI IPA 3 as experimental class and XI IPA 4 as control class. This research method is quasi experiment with pretest-posttest control group design. The effect of problem-based learning model is measured based on the average n-Gain score of students' current thinking skill. The results showed that in the experimental class the average value of n-Gain students' thinking skill of 0.78 (high criterion). Based on the results of this study can be concluded that the model of learning-based problems can improve students' thinking ability on the material of buffer solution.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir lancar pada materi larutan penyangga.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA yang ada di Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah clauster random sampling dan diperoleh sampel kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengaruh model problem based learning diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa sebesar 0,78 (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model problem based learning mampu meningkatkan kemampuan berfikir lancar siswa pada materi larutan penyangga.Kata Kunci: larutan penyangga, berfikir lancar, problem based learning.