Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran oleh Limbah Detergen dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Main Authors: Maisaroh, Maisaroh, Fadiawati, Noor, Diawati, Chansyanah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Lampung , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/15912
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/15912/pdf
Daftar Isi:
  • This study aims to describe the effectiveness problem-based learning of pollution by detergent waste (PBMPLD) to improve students’ creative thinking skills. The population of this research was all students from XI MIA one of Senior High School in Bandarlampung, the sample research were XI MIA 1 and XI MIA 2 class that obtained by purposive sampling technique. The research used quasi-experiment with the maching only desaign in pretest-postest and control group. The data analysis technique used was parametric statistic test using t-test to postestt value. The result showed that the average posttest of creative thinking skill of experiment class is significantly higher than the average of control class posttest. The average n-gain in the experimental class is moderate category. Therefore, it is concluded that the PBMPLD is effective in enhancing the creative thinking skills.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen (PBMPLD) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA salah satu SMA di Bandarlampung, dengan sampel penelitian kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik menggunakan uji t terhadap nilai postes. Hasil penelitian diperoleh rata-rata postes keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata postes kelas kontrol. n-gain rata-rata dikelas eksperimen berkategori sedang. Dengan demikian, disimpulkan bahwa PBMPLD efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran berbasis masalah, pencemaran oleh limbah detergen