Pengaruh Model Pembelajaran SiMaYang dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains

Main Authors: Nurmala, Nurmala, Sunyono, Sunyono, Efkar, Tasviri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Lampung , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/15683
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/15683/pdf
Daftar Isi:
  • The research was aim to describe the effect of SiMaYang learning model in improving student’s science process skills and effect size of SiMaYang learning model in improving student’s science process skills on acid base material. This research used pretest-postest control group design and it was conducted at one of Senior High School in Bandarlampung with cluster random sampling technique. 11th IPA-2 class as experiment class and 11th IPA-3 class as control class. The Effect of SiMaYang learning model was measured with difference of two average test and effect size test. The result show that SiMaYang Learning Model has a big effect to improving student’s science process skills.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa serta ukuran pengaruh model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan pretest-postest control group design di salah satu SMA di Bandarlampung dengan teknik cluster random sampling. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengaruh model pembelajaran SiMaYang diukur dengan uji perbedaan dua rata-rata dan uji effect size. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SiMaYang berpengaruh besar dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.Kata kunci: keterampilan proses sains, model pembelajaran SiMaYang, ukuran pengaruh