Efektivitas LKS Berbasis Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Memprediksi dan Inferensi
Main Authors: | Istiqomah, Istiqomah, Kadaritna, Nina, Efkar, Tasviri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Lampung
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13398 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13398/pdf |
Daftar Isi:
- This research aims to describe the effectiveness of students worksheet based on problem solving on acid-base topics in improving predicting and inferring skills. The research used quasi-experimental method with pretest-posttest control group design that was applied in 11th science 1 as a control class and 11th science 4 as an experimental class at public senior high school 13 Bandarlampung. The result of this research showed of n-gain average in predicting and inferring skills was 0.60 for control class and was 0.71 for experimental class. This research concluded that students worksheet was effective in improving students predicting and inferring skills.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis problem solving materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan inferensi. Desain penelitian ini kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas ekperimen di SMA Negeri 13 Bandarlampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan memprediksi dan inferensi siswa pada kelas kontrol sebesar 0,60 dan eksperimen sebesar 0,71. Kesimpulan penelitian ini adalah LKS berbasis problem solving pada materi asam-basa efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan inferensi siswa.Kata kunci: asam-basa, keterampilan memprediksi dan inferensi, LKS berbasis problem solving