Pengaruh Scaffolding dalam Pembelajaran SiMaYang untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Motivasi Belajar

Main Authors: Armalasari, Tika Ria, Sunyono, Sunyono, Efkar, Tasviri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13382
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13382/pdf
Daftar Isi:
  • The research was almed to describe the effect of scaffolding strategy in SiMaYang learning to improve the chemical literacy skill and to improve the learning motivation on acid – base topic. The research used Pretest-Posttest Control Group Design method in SMAN 6 Metro using Cluster Random Sampling. The result showed that there were 84% improvement of chemical literacy and 76% improvement of students’ learning motivation in experimental class, influenced by scaffolding and 74% improvement of literacy’s and 57% improvement of students’ chemistry learning motivation in control class, influenced by learning without scaffolding. From the results above, it can be concluded that, in the experimental class, scaffolding in SiMaYang learning has big influence in improving the chemical literacy and learning motivation, mean while in the control class, the learning without scaffolding has moderate influence in improving the chemical literacy and learning motivation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar pada materi asam basa. Metode penelitian ini adalah Pretest-posttest Control Group Design di SMAN 6 Metro dengan Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya 84% peningkatan literasi kimia dan 76% peningkatan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dipengaruhi oleh scaffolding dan 74% peningkatan literasi dan 57% peningkatan motivasi belajar kimia siswa pada kelas kontrol dipengaruhi oleh pembelajaran tanpa scaffolding. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan literasi kimia dan motivasi belajar, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran tanpa scaffolding memiliki pengaruh sedang dalam meningkatkan literasi kimia dan motivasi belajar.Kata kunci : effect size, literasi kimia, motivasi belajar, scaffolding, SiMaYang