PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISANDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB-C “YPLB”BLITAR
Main Authors: | MUSLIKAH, , JOEDA ANDAJANI, SRI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Khusus
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/1728 |
Daftar Isi:
- Kecacatan yang dialami menghambat siswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya.Seringkali siswa dalam pembelajaran bercerita tidak mampu melakukan dengan baik.Akibatnya pembelajaran tidak dapat berjalan dengan lancar, selain itu penyampaian materi pelajaran yang dilakukan dengan metode ceramah tanpa disertai dengan variasi mengakibatkan siswa malas dalam pembelajaran, karena hanya duduk, diam, mencatat dan mengerjakan tugas.Bahkan siswa lainnya terlihat mengantuk dalam belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan kemampuan berbahasa lisan melalui penggunaan media gambar seri pada siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB-C “YPLB”Blitar.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran bercerita. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa kelas III di SLB-C ”YPLB” Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik tes dan teknik non tes. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbahasa lisan melalui penggunaan media gambar seri pada siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB-C “YPLB” Blitar yang dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dalam belajar yang diberikan pada siklus I dan II. Pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata kelas 31,00, dan siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata kelas 67,00. Kata Kunci:berbahasa lisan, media gambar seri, anak tuna grahita