IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ROLL SENAM LANTAI

Main Author: Manik Suryantara, Anak Agung Ngurah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan , 2013
Online Access: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/961
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/961/831
Daftar Isi:
  • MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ROLL SENAM LANTAI Anak Agung Ngurah Manik Suryantara PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559 e-mail: agungsuryantara@ymail.com Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Roll (Roll depan, Belakang) pada Senam Lantai pada siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan observasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Singaraja, jumlahnya 31 siswa, 15 siswi putri dan 16 siswa putra. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis aktivitas belajar secara klasikal pada siklus I mencapai 7,5 yang berada pada kategori aktif dan siklus II mencapai 9,40 yang berada pada kategori Sangat aktif. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan 1,9 sedangkan pada hasil belajar secara klasikal pada siklus I mencapai 77,42% berada pada kategori baik dan siklus II mencapai 100% yang berada pada kategori sangat baik. Jadi hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22,58%. Berdasarkan hasil analisis pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar Roll senam lantai meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Singaraja. Kata-kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, aktivitas, hasil belajar, roll.