MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA
Main Author: | Sudiartha, I Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/507 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/507/422 |
Daftar Isi:
- MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA I Made Sudiartha NIM. 0816011107 PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlpn. (0362) 32559 E-mail: manisajustgtuu@yahoo.com ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing sepakbola pada siswa kelas X. E SMA Negeri 1 Rendang tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian dalam 2 siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X. E SMA Negeri 1 Rendang, jumlahnya 26 orang, 16 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa Perempuan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus 1 yaitu rata-rata aktivitas belajar 6,2, dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik passing secara klasikal 61,5%. Sedangkan hasil analisis data siklus 2 yaitu rata-rata aktivitas belajar 8,2, dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik passing secara klasikal 88,5%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik passing sepakbola meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X. E SMA Negeri 1 Rendang tahun pelajaran 2012/2013. Oleh karena itu peneliti menyarankan guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing sepakbola.Kata-kata kunci: Model Pembelajaran STAD, aktivitas dan hasil passing sepakbola.