IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF (NHT) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI

Main Author: Listya Marta Dewi, Ni Putu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan , 2013
Online Access: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/349
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/349/303
Daftar Isi:
  • Ni Putu Listya Martha Dewi PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559 e-mail: listya.marthadewi@yahoo.com Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.9 SMA Negeri 7 Denpasar, sejumlah 40 orang, yaitu 21 orang perempuan dan 19 orang laki-laki. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar secara klasikal berguling senam lantai pada siklus I adalah 7,9 (aktif), dan meningkat menjadi 8,2 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 87,5% dan meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X.9 SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru Penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling senam lantai. Kata-kata kunci: Pembelajaran Kooperatif NHT, Aktivitas, Hasil Belajar Senam