PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI
Main Author: | Dewi, Ni Komang Ayu Devika |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/22265 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/22265/13910 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar passing bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subjec design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 153 orang yang terdistribusi ke dalam sembilan kelas yaitu kelas kelas XI Kayu, XI Keramik, XI Tekstil, Kelas XI Desain Komunikasi Visual, XI Multimedia 1, XI Multimedia 2, XI Akomodasi Perhotelan 1, XI Akomodasi Perhotelan, XI Karawitan. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen nilai pretest diperoleh rata-rata 67,42 sedangkan kelompok kontrol 67,48. Sedangkan hasil nilai posttestkelompok eksperimen rata-rata 86,42. Dan kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 79,44. Peningkatan nilai pada kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 19 sedangkan kelompok control hanya mengalami peningkatan 11.96. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah sig<0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing bola voli. Dengan demikian disarankan untuk proses pembelajaran guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan.