PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA

Main Author: Susila, I Gede Hendri Ari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha , 2019
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/22264
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/22264/13909
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola menggunakan kaki bagian dalam. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi ke dalam empat kelas. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,28 sedangkan pada kelompok kontrol 0,10. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Samples T Test angka signifikansi yang diperoleh adalah 0,000<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola pada siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.