PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI
Main Authors: | ., Ade Saputra, ., Dr. I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd., ., I Gede Suwiwa, S.Pd., M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/18516 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/18516/10941 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Passing bola voli antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan the randomized pretests-postest control group the same subjec design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 307 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Sampel didapatkan dengan teknik simple random sampling melalui cara undian kelas. Analis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata (0,485) lebih besar dari kelompok kontrol (0,313). Signifikansi pada tes normalitas adalah 0,194 (kelompok eksperimen) dan 0,061 (kelompok kontrol). Angka signifikansi yang diperoleh dari uji-t adalah 0,001. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar passing bola voli siswa kelas X di SMA Negeri 2 Singaraja. Oleh karena itu penelitian ini guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Hasil belajar, NHT, bola voli This study aims to determine the effect of learning outcomes Volleyball passing between groups of students who were taught with Numbered Head Together learning model and groups of students who were taught with conventional learning in class X students at SMA Negeri 2 Singaraja. This research is a real experimental study (true experimental) with the design of the randomized pretests-posttest control group the same subjec design. The study population was all class X in SMA 2 Singaraja in the 2018/2019 school year which amounted to 307 students. The research sample is class X IPS 1 as an experimental class totaling 33 students and class X IPS 2 as a control class totaling 31 students. Samples were obtained by simple random sampling technique through class drawing method. Data analysts use the t-test with the help of SPSS 16.0 for Windows. In the experimental group, the average value (0.485) was greater than the control group (0.313). Significance in the normality test was 0.194 (experimental group) and 0.061 (control group). The significance value obtained from the t-test is 0.001. So it can be concluded that the Numbered Head Together learning model affects the learning outcomes of passing volleyball in class X students at Singaraja 2 State High School. Therefore, this study of PJOK teachers can apply the Numbered Head Together learning model because it has proven to have a significant effect on improving student learning outcomes.keyword : Learning Outcome, NHT, Volley Ball