PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Main Authors: ., I Made Rai Yuniantara, ., Dr. I Gusti Lanang Agung Parwata, S.Pd, , ., dr. Putu Adi Suputra, S.Ked., M.Kes.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha , 2019
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/18504
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/18504/10932
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing (passing atas dan passing bawah) bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan rancangan the randomized pretest posttest control group the same subject design. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi ke dalam enam kelas dengan total anggota 192 orang. Sampel diambil menggunakan simple random sampling berdasarkan kelas dan diperoleh kelas VII A sebanyak 32 orang sebagai kelompok eksperimen dan VII D sebanyak 32 orang sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak tiga kali perlakuan di luar pretest dan posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes essay, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji t pada gain score dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,49 dengan standar deviasi 0,112. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 0,17 dengan standar deviasi 0,107. Signifikansi pada tes normalitas adalah 0,200 (kelompok eksperimen) dan 0,200 (kelompok kontrol). Signifikansi pada tes homogenitas adalah 0,894. Angka signifikansi yang diperoleh melalui uji Independent Samples Test adalah Sig=000. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru penjasorkes dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Kooperatif, STAD, hasil belajar, bola voli. This study aimed to determine the effect of implementing cooperative learning model n Student Team Achievement Division (STAD) to the learning outcomes of basic techniques of passing (passing up and passing down) volleyball. This research was a true-experimental using the randomized pretest posttest control group the same subject design. The population was students of class VII SMP Negeri 2 Mengwi academic year 2017/2018 distributed into five classes with the member of population was 192 persons. Sampling is taken using the simple random sampling based on class and obtained class VII A (32 persons) as an experiment group and VII D (32 persons) as a control group. This eksperiment was conducted in three times treatment. Data were collected through essay tests, observation and performance tests. Data analysis using t test on gain score with SPSS 16.0 for Windows. Based on the results of the study it was found that in the experiment group gained an average value of 0,49 with a standard deviation of 0,112. While in the control group gained an average value of 0,17 with a standard deviation of 0,107. Significance on normality test were 0,200 (experiment group) and 0,200 (control group). Significance on homogeneity test was 0,894. Significance obtained through Independent Samples Test was Sig=000. Concluded that the implementation of cooperative learning model STAD has significant effect on raising learning outcomes of basic techniques of passing volleyball in students of class SMP Negeri 2 Mengwi academic year 2017/2018. It is suggested for the penjasorkes teachers to be able to implement cooperative learning model STAD type since it has strong significant influence toward the improvement of student’s learning achievementkeyword : Cooperative, STAD, learning outcome, volleyball