Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Pasing Bola Voli Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2017-2018

Main Authors: ., I Made Gde Sukadana, ., Drs. I Made Danu Budhiarta, M Pd., ., dr. Ni Made Sri Dewi Lestari, S.Ked., M.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2018
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/14807
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar bola voli pada kelas VIII SMP Negeri 4 Sukasada. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 106 orang, dengan sampel kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelopok kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes kognitif, tes afektif, dan tes psikomotor. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata nilai 0,31 sedangkan kelompok kontrol 0,14. Berdasarkan uji Independent Samples Test angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah sig 0,000