PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI
Main Authors: | ., ACHMAD BRILLIAN ROZIKIN, ., I Putu Darmayasa, S.Pd, M.For, ., dr. Adnyana Putra, S.Ked., M.Kes. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2018
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/14785 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing (Passing atas dan passing bawah) bola Voli. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen sungguhan (True Experimental) dengan rancangan the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2017/2018, keseluruhan jumlah populasi 208 orang. Pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII A1 sebagai kelompok eksperimen dan VIII A4 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen ini dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan diluar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji independent samples test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada gain skor ternormalisasi (GSn) rata-rata GSn kelompok eksperimen adalah 0.577 lebih tinggi dari rata-rata GSn kelompok kontrol adalah 0.262. Signifikansi pada tes normalitas adalah 0.071 (kelompok eksperimen) dan 0.085 (kelompok kontrol). Signifikansi pada tes homogenitas adalah 0.978. Berdasarkan uji independent sample test jika nilai sig