PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Authors: | ., I Dewa Made Krisna Yudha, ., Dr. I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd., ., Ni Luh Putu Spyanawati, S.Pd., M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2018
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/13096 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Teacing Games For Understanding (TGFU) terhadap hasil belajar passing control sepak bola. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen sesungguhnyadengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretestposttest control group the same subjek design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 SawanTahunPelajaran 2017/2018 yang terdiri dari12 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Penentuan kelas penelitian dilakukan dengan pengundian, terpilih kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelompok control. Datahasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan UjiIndependent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,37, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 0,14. Berdasarkan uji Independent Samples Testangka signifikansi yang diperoleh adalah 0,00 (