Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Melalui Materi Bola Voli pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Singaraja Tahun Ajaran 2016/2017
Main Authors: | ., I Gusti Putu Putra Gunadi, ., Drs. I Putu Panca Adi, M.Pd., ., dr. Putu Adi Suputra, S.Ked., M.Kes. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2018
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/13080 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bawah bola voli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 374 orang yang terdiri dari dua belas kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII L sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Samples Test angka signifikansi yang diperoleh adalah p=0,026 (p