PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI
Main Authors: | ., Megawati, ., Prof. Dr. I Nyoman Kanca, MS, ., Ni Luh Putu Spyanawati, S.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2017
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11365 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan the randomize pretest-posttest control group design. Populasi adalah semua kelas XI SMK TI Bali Global Singaraja yang terdiri dari tiga kelas, ketiga kelas tersebut di undi untuk menemukan sampel. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes essay, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 23,63. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 12,66. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah p