Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket

Main Authors: ., I Nyoman Jiwa Atmaja, ., Drs.I Putu Panca Adi, M.Pd., ., Kadek Yogi Parta Lesmana, S.Pd.,M.Pd
Format: Article info eJournal
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2017
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11351
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar Passing Bounce Pass Permainan Bola Basket. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TGB SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 90 orang yang terdistribusi ke dalam tiga kelas yaitu kelas X TGB1, X TGB2, dan kelas X TGB3 . Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata peningkatan siswa 13,8. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata peningkatan siswa 7,7. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah sig