Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas VII SMP Laboratorim Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Authors: ., I Wayan Raka Saputra, ., Prof. Dr. I Wayan Rai, MS, ., Kadek Yogi Parta Lesmana, S.Pd.,M.Pd
Format: Article info eJournal
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2017
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11346
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing passing bawah bola voli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 128 orang yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas VII.1 sampai dengan kelas VII.4. Pengundian kelompok dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VII 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII 1 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Samples Test angka signifikansi yang diperoleh adalah