PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAK BOLA

Main Authors: ., Pratama Adhy Rusdyana, ., I Ketut Budaya Astra, S.Pd, M.Or, ., dr. Ni Made Sri Dewi Lestari, S.Ked.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2017
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11332
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing (menggunakan kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) sepak bola. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subjec design.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 51 orang yang terdistribusi ke dalam dua kelas yaitu kelas VII B dan VII D. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cluster random. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 12.92 .Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 8.68 Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah p