PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI
Main Authors: | ., Agus Mahardika, ., I Gst Lanang Agung Parwata,S.Pd, M.Kes, ., Ni Luh Putu Spyanawati, S.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2017
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11315 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A4 dan VII A6 SMP Negeri 3 Sawan Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 52 orang siswa. Penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,60. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 0,38. Berdasarkan uji Independent Samples Test angka signifikansi yang diperoleh adalah p=0,000