PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOK

Main Authors: ., Yuli Setiawan, ., I Gst Lanang Agung Parwata,S.Pd, M.Kes, ., Ni Luh Putu Spyanawati, S.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2017
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11286
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar tolak peluru gaya ortodok. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan rancangan penelitian the randomize pretest-posttest control group the same subject design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Laboratorium Undiksha Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berdistribusi ke dalam 5 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Hipotesis dianalisis menggunakan uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Samples Test angka signifikansi yang diperoleh adalah p= 0,00