PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Main Authors: ., Yulia Sandra Anabella, ., I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd., ., I Made Satyawan, S.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2017
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11270
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli (passing atas dan passing bawah). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subject design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Singaraja TahunPelajaran 2016/2017 berjumlah 814 orang yang terdistribusi ke sepuluhkelasjurusan kelas yaitu kelas X TGB, X TKBB, X TAV, X TPLas, X TPM, X TKR, X TSM, X TIPTL, X TKJ dan X MM. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja.Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 5,5543 dengan standar deviasi 5,82963. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 6,893dengan standar deviasi 5,19880. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah