PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET
Main Authors: | ., Ni Luh Wisma Darani, ., I Ketut Budaya Astra, S.Pd, M.Or, ., Made Agus Wijaya, S.Pd., M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
, 2017
|
Online Access: |
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11216 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11216/7164 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket (chest pass dan over head pass). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the pre-test post-test control group design. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel berjumlah 52 orang siswa yang terdistribusi ke dalam dua kelas yaitu kelas VIIB dan kelas VIIF .Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Data hasil belajar terdiriatas 1)aspekkognitif,menggunakan tes pilihan ganda,2) aspek afektif, menggunakan observasi sikap siswa selama pembelajaran, dan 3) aspekpsikomotor, menggunakan observasi kinerja passing bola basket. Tahapan analisa data terdiriatas:1)ujiprasyarat, menggunakan uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homegenitas Levene’s Test of Equality of Error Variance, serta 2) Uji hipotesis, menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan uji prasyarat, diperoleh hasil bahwa data penelitian berdistribusi normal dan homogeny .Uji-t menunjukkan thitung 4.334 sedangkan ttabel 1675 sebesar dan nilai signifikansi yang diperoleh melalui uji t adalah p